Written by 12:05 pm Featured

NFT Ticketing sebagai kunci berkembangnya industri event.

Belakangan ini, NFT telah membuat semakin banyak dampak besar di dunia digital. Dari segi desain dan konsep, beribu-ribu project sudah dirilis. Tapi NFT bukan hanya sekedar koleksi seni yang unik, ada utility-nya yang akan membantu kita mengembangkan bisnis, salah satunya adalah bisnis event organizer, promotor, dan brands ritel yang perlu berinteraksi intensif dengan pelanggan setia mereka.

Supaya tidak lupa, NFT adalah sebuah aset digital dengan format gambar, file audio, video, gif, meme, ataupun sebuah moment. Disinilah dimana industri event akan bisa berkembang pesat melalui NFT. Dengan NFT, setiap brand/bisnis punya kesempatan untuk memberikan pengalaman yang interaktif kepada para peserta, dan memberikan mereka nilai kepemilikan lebih yang bisa mereka miliki selamanya. 

Untuk para pelaku bisnis event, ini nih keuntungan memakai NFT Tickets:

Gunakan NFT sebagai tiket untuk mengurangi fraud/scam (penipuan)

  • Sekarang mari bawa konsep blockchain ke acara. Dengan NFT ticketing,  blockchain dipandang sebagai cara untuk membantu keamanan, identitas, dan penipuan.
  • Teknologi blockchain dapat lebih terbuka memvalidasi siapa yang awalnya membeli tiket dan transaksi selanjutnya yang mungkin terjadi setelahnya..
  • Dengan teknologi blockchain di dalam NFT, verifikasi identitas pemilik tiket dan keaslian tiket dapat dilakukan dengan efisien begitu juga verifikasi tiket asli dan palsu. Dari sini kita bisa melindungi pelanggan kita dari segala macam penipuan ataupun calo yang tidak kredibel.
JGTC berkolaborasi dengan SerMorpheus untuk menggunakan NFT ticketing.

Gunakan NFT untuk promosi Pre-event.

  • Pastikan tiket NFT mempunyai nilai seni yang unik. Sesuatu yang bisa menceritakan kisah suatu acara untuk menjadi dorongan orang untuk membeli dan mengoleksi..
  • Dengan desain dan konsep yang unik, para peserta bisa tergerak untuk saling sharing di media social mereka. Sebagai contoh, generative art yang diberi nama Jazzy Cats dari JGTC (Jazz goes to Campus) sebagai NFT tiket acara. Setiap desain menunjukkan sebuah karakter unik yang cocok untuk karakter orang yang berbeda. 
  • Dengan menggunakan sistem NFT-ticketing, para peserta akan bisa langsung merasakan kalau mereka akan diberikan sebuah pengalaman yang unik dan berbeda. Dan juga bisa membuat pembeli bangga kalau mereka sudah berhasil mendapatkan tiket acara tersebut. 
  • Dengan begitu, kita bisa menarik lebih banyak orang yang pastinya tidak mau ketinggalan akan satu hal yang baru, unik, dan bisa dijadikan milik mereka selamanya.  

Di aplikasi SerMorpheus juga ada yang namanya ‘Secondary Market’, dimana kalau ada peristiwa yang tidak diduga terjadi, kita mempunyai opsi untuk menjual balik tiket yang sudah dibeli dengan harga lebih tinggi. Pembeli tetap untung, dan promotor juga bisa mendapatkan 7.5% royalti di setiap transaksi di ‘Secondary Market

Secondary Market untuk menjual-beli tiket lebih aman

Gunakan NFT untuk memberi privileges/pilihan akses yang ingin dimiliki.

  • Untuk sebuah acara, pastinya banyak target audience yang ingin dicapai. Caranya simpel, kita harus menyediakan sesuatu yang cocok untuk orang dengan ketertarikan ataupun budget yang berbeda. Pastikan ada sesuatu untuk semua kategori pembeli.
  • Dari tiket dengan akses regular untuk penggemar baru sampai VVIP ticket dengan akses lebih seperti melihat interview artist, mendapatkan goodie bags spesial, juga baris antri spesial yang tidak bikin mereka menunggu lama. 

Contoh NFT Ticketing Tiers untuk JGTC (Jazz goes to Campus). Ada jenis paket tiket yang berbeda, untuk tipe fans/pembeli yang berbeda.

  • CLOTHES (RARE) – Benefit: Kupon Food and Beverage
  • SAXOPHONE (RARE) – Benefit: Dapat membeli Goodie Bag dengan harga miring
  • HEAD (SUPER RARE) – Benefit: Gratis Upgrade VIP
  • BASED CHARACTER (SUPER RARE) – Benefit: Dapat akses untuk melihat sesi Interview Artist
  • BASED CHARACTER (LEGENDARY) – Benefit: Gratis tiket JGTC untuk 5 tahun
Jazzy Cats, NFT Tickets JGTC

Industri event adalah salah satu sektor besar yang bisa berkembang pesat dengan NFT. Salah satu testimonial dari Muhammad Ishmael Raffly representasi dari JGTC: 

“Buat event itu hampir seperti gambling ya. Kadang kita tidak tahu event yang seperti apa yang bakal menarik ketertarikan orang, dan itu selalu naik turun tergantung mood audience. Jadi kita harus berpikir keras untuk menawarkan sesuatu yang lebih unik, yang mungkin orang lain tidak tawarkan. Dari segi entertainment dan pastinya security. Biar orang merasa aman untuk mau beli tiket acara ini”. 

Nah, untuk para event promotor, sudah siap untuk maju dengan Web3?

Talk to us, because SerMorpheus is where Web3, made easy.

(Visited 35 times, 1 visits today)

Last modified: November 25, 2022

Close