Written by 12:13 pm Featured

The future of Music with NFT

Disini NFT, disana NFT, dimana-mana NFT. Apaan sih, ga ngerti!

Ngerti ga ngerti, tau ga sih pada tahun 2021 kemaren, penjualan NFT mencapai $25 miliar?

  • Dan artis ternama seperti Snoop Dogg, The Weeknd, Grimes dan musisi paling gokil setanah air kesayangan kita Isyana juga udah merilis koleksi NFT mereka sendiri.
  • Dibuat simpel aja yuk! Emang sih pertama kali booming, bentuk NFT yang paling dikenal secara mainstream ya kebanyakan visual art. Ilustrasi digital dengan konsep lucu yang berhasil bikin banyak orang FOMO. Jadinya pada rebutan beli biar ikut jadi bagian komunitas ekslusif.

Tapi seiringnya waktu, NFT itu bukan hanya sebuah seni visual, sebuah gambar atau ilustrasi. Contoh produk NFT:

  • Collectible items/Trading cards.| Kartu Koleksi
  • Tiket acara (Konser, seminar, acara private)
  • Media & Musik
  • Gaming.
  • Virtual Fashion.
  • Real-world assets | Aset dunia nyata

Hah, Musik dan NFT? Apa hubungannya?

Nah, NFT itu token yang tidak dapat dipertukarkan, dan disimpan aman di dalam blockchain. Sebuah NFT itu unik dan tidak bisa replika, menjadikan tempat yang paling ideal untuk menyimpan karya seni, video, dan musik. 

I’m a musician, why do I need to release my own NFT?

Salah satu cara kamy bisa memanfaatkan blockchain adalah dengan membuat NFT dari sebuah lagu dan menjualnya di pasar berbasis blockchain. Ini memungkinkan fans/pembeli untuk memiliki lagu selamanya dan memberi mereka kemampuan untuk mendengarkannya kapan pun mereka mau.

Untuk para teman-teman musisi, pernah gak sih ngeluarin karya kamu di Youtube, maksudnya pengen sharing ke fans, dan pengen di monetize

Lumayan kan buat side income.

Tapi bukannya dapat untung, eh malah banyak yang cuma download, ga beli merchandise, kadang juga suka ketinggalan info manggung. Jadinya susah deh untuk tetep connect sama fans kamu. 

Nah, keuntungan kalau kamu sukses merilis series NFT:

  • Kamu bakal punya otoritas lebih untuk milih konsep, harga dan komunitas yang beneran bakalan connect dengan karya kamu. Kita ulang lagi ya, kalau ada yang membeli NFT kamu, mereka akan memilikinya selamanya dan dapat menggunakannya sesuka mereka. Alhasil, pembeli ataupun fans kamu bakal lebih mempunyai rasa kepemilikan.
  • Kamu juga bisa loh, menggunakan NFT sebagai tiket untuk acara langsung.

Ngapain jualan tiket dengan NFT kalau ada tiket normal?

Biar penggemar setia kamu gak harus khawatir ketinggalan pembelian ataupun kehilangan tiket mereka. 

Tau gak NFT juga bisa kamu gunakan untuk memberi penghargaan buat fans yang selalu senantiasa memberi support ke kamu. Kamu bisa membuat aset digital seperti lagu baru, dan konten ekslusif yang hanya bisa diakses untuk pelanggan setia yang telah membeli NFT series kamu. Ini adalah kesempatan buat kamu untuk nunjukin seberapa sayangnya kamu dengan fans/followers kamu. 

Masih bingung, tapi tertarik?

Yuk lihat contohnya disini

(Visited 9 times, 1 visits today)

Last modified: November 25, 2022

Close