Masih ingat pada saat media cetak, radio dan TV merupakan media dominan yang ada?

Segala jenis informasi, ilmu dan berita hanya bisa didapatkan di waktu dan durasi tertentu, dan tidak ada dari kita yang benar-benar bisa mempunyai kontrol, kepimilikan untuk  mengasah informasi yang telah kita dapatkan.

Dengan perkembangan pesatnya teknologi, kita telah dimanja dengan akses informasi yang tersedia 24 jam, tapi apakah kita mempunyai kepemilikan atas informasi tersebut?

Hanya yang terkaya di didunia yang mempunyai hak khusus tersebut.

Disinilah kenapa NFT telah menggemparkan dunia, dimulai melalui seni. Sebelum NFT, siapa sih yang bisa mempunyai akses eksklusif untuk bisa mendapatkan karya seni yang sangat terbatas, sesuatu yang tidak juga bisa dibeli dengan uang.

Akses, koneksi dan eksklusivitas.

NFT adalah aset keuangan yang dapat kita beli dan jual.

Di Agustus 2021, penjualan NFT di platform OpenSea telah melampaui $3 miliar. Banyak artis dan selebriti seperti Steph Curry yang telah memakai NFT yang mereka beli seharga $180.000  sebagai profil Twitter mereka. Dan Tom Brady yang merilis series Autograph untuk dibeli para penggemar setia yang mungkin tidak bisa mendapatkan tanda tangan secara langsung.

NFT adalah sebuah simbol kepemilikan.

Saat ini, kita telah menghabiskan separuh dari waktu kita online. Identitas online kita adalah bagian besar dari reputasi yang kita bangun. Jadi ketika ada orang yang membeli avatar profile seharga $100.000, gambar itu dapat menceritakan atau memberikan asumsi dan kredibilitas tertentu kepada pemiliknya.

NFT bisa langsung menghubungkan kreator dan penggemarnya.

Banyak konotasi negatif dimana NFT diperkirakan hanya sebagai mainan untuk orang kaya, tapi banyak lagi komunitas NFT yang menjual dengan harga relatif murah, bertuju untuk memberikan kesempatan untuk pemula agar tetap bisa mengenal dunia NFT, terlibat di dunia seni ataupun belajar menjadi kolektor.

Pada saat akses Internet tersedia ke publik, cara kita mengonsumsi informasi pun langsung berubah. Begitu juga sekarang, dengan adanya perkembangan NFT dan blockchain yang telah mengubah cara pandang akan barang digital dan nilai sebuah informasi, dan siapa yang berhak memiliki hak khusus tersebut.

Pentingnya apa sih?

Penting untuk kamu yang ingin mempunyai kontrol penuh akan identitas diri dan brand kamu. Penting untuk kamu yang ingin bergerak bebas tanpa resiko duplikasi atau cencorship dari platform yang ada lebih dulu. Penting untuk kamu yang mempunyai sebuah pesan penting, untuk membagun sebuah legasi.

Penasaran deh, kira-kira kamu sudah siap gak sih untuk terjun di dunia NFT?
(Visited 15 times, 1 visits today)

Last modified: November 27, 2022

Close